5 Ide Bisnis Makanan Dan Minuman Di Bulan Puasa

admin

Sudah menjadi rahasia umum bahwa bisnis kuliner berubah sangat cepat. Dalam beberapa bulan atau bahkan minggu, makanan dan minuman viral bisa tiba-tiba kehilangan minat dan tidak lagi populer. Jika Anda pelaku bisnis di bidang kuliner, perubahan tren seperti ini justru bisa merugikan.

Namun, dalam bisnis kuliner, ada juga makanan dan minuman yang tidak terpengaruh tren. Tren di sekitar Anda berubah dan penjualannya naik turun, tetapi jenis makanan dan minuman ini masih banyak peminatnya.

Jadi, jika Anda ingin memulai bisnis kuliner atau ingin mengembangkan yang sudah ada, Anda harus membaca artikel ini. Di sini Anda bisa mendapatkan keuntungan besar karena Anda tahu jenis makanan dan minuman yang selalu dicari pelanggan Anda.

1. Makanan dan Minuman Sehat

Dalam beberapa tahun terakhir, makanan dan minuman menjadi perhatian besar bagi konsumen. Terutama mereka yang menyadari pentingnya hidup sehat. Makanan dan minuman tidak lagi dikonsumsi untuk menghilangkan rasa lapar dan dahaga. Nilai kesehatan juga harus diperhatikan agar tidak berdampak buruk bagi tubuh.

Sejak pandemi COVID-19 dimulai dua tahun lalu, kesadaran akan hidup sehat semakin meningkat. Selain membuat masyarakat lebih sadar akan kebersihan diri, pandemi membuat mereka lebih sadar akan apa yang mereka konsumsi.

Akibatnya, pasar makanan dan minuman kesehatan telah terbuka secara signifikan selama dua tahun terakhir. Mengingat pandemi masih berlangsung dan semakin banyak orang yang memilih untuk hidup lebih sehat, tren makanan dan minuman sehat ini diperkirakan akan terus meningkat di masa mendatang.

2. Kopi

Kekuatan kopi sebagai minuman yang tidak terpengaruh zama telah terbukti. Kopi yang awalnya hanya dikonsumsi untuk penahan tidur oleh para lansia, telah mengalami perubahan besar di Indonesia sejak tahun 2000-an. Kopi kini menjadi salah satu minuman yang paling digemari oleh anak muda, terutama yang tinggal di perkotaan.

VIRAL:  Analisis Usaha Ternak Telur Burung Puyuh

Terinspirasi oleh merek kopi siap minum seperti Starbucks, kopi modern hadir dalam banyak variasi. Dari kopi susu yang terkenal hingga kopi yang dipadukan dengan bahan lain memberikan rasa yang berbeda.

Selain perubahan budaya dan dampak globalisasi, kopi memiliki potensi besar di pasar Indonesia karena Indonesia merupakan salah satu produsen kopi terbesar di dunia. Dengan begitu, kopi yang enak bisa diperoleh dengan lebih mudah dan bisa dijadikan sebagai tempat untuk mempromosikan masakan Indonesia.

3. Makanan Beku Buatan Sendiri

Masyarakat yang semakin kompleks mempengaruhi pasar makanan cepat saji. Semakin pendek waktu memasak, semakin banyak orang yang menyukai makanan yang dapat disajikan dengan cepat dan mudah untuk disantap.

Namun seperti yang Anda ketahui, makanan beku atau fast food yang mengandung makanan beku memiliki reputasi yang buruk di masyarakat. Makanan ini biasanya dibuat tanpa memperhatikan keseimbangan nutrisi. Ada banyak bahan tambahan yang kurang bergizi tetapi sangat tinggi kalori.

Namun, sangat sulit untuk menghilangkan makanan beku ini dari kehidupan sosial kita yang sibuk. Jadi ada inovasi seperti makanan beku buatan sendiri yang lebih tradisional dibuat dengan bahan-bahan yang lebih menjamin kesegaran. Tidak seperti makanan beku yang diproses secara industri, makanan beku buatan sendiri biasanya menggunakan sedikit atau tanpa bahan kimia tambahan. Oleh karena itu, makanan beku buatan sendiri umumnya dianggap lebih sehat daripada makanan beku buatan pabrik.

4. Camilan

Siapa yang tidak suka makanan ringan? Ini terutama benar jika sejumlah besar orang terkurung di rumah karena mobilitas harus dikurangi. Untuk itulah, jajanan sebenarnya bisa dilihat sebagai ide bisnis yang menarik.

Sebaik. Bisnis ini sebenarnya bisa dimulai dengan modal yang minim. Pasalnya, pada umumnya jajanan di pasaran bisa dibuat dengan bahan yang sederhana. Cemilan murah bisa bikin kamu berkali-kali lipat asalkan kreatif dan bisa menonjolkan produk kamu agar tidak kalah bersaing!

VIRAL:  Analisis Peluang Bisnis Kue Kering Saat Lebaran

5. Makanan penutup

Dessert bisa diartikan sebagai makanan penutup atau dessert. Hal ini karena jenis makanan ini biasanya disajikan sebagai hidangan penutup untuk hidangan utama. Itu datang dalam berbagai bentuk dan bisa berupa buah, kue atau dingin. Namun dewasa ini, makanan penutup dapat disajikan sebagai makanan terpisah tanpa harus menggunakannya sebagai papan menu.

Itulah 5 ide usaha makanan dan minuman yang patut Anda coba saat bulan puasa tiba. Untuk pemasarannya, Anda bisa menggunakan halaman rumah atau mengeluarkan modal untuk menyewa tempat usaha. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Artikel Terkait