Analisis Peluang Usaha Budidaya Lebah Madu

admin

Analisis Peluang Usaha Budidaya Lebah Madu – Madu adalah minuman yang sangat nikmat dengan banyak hasiat untuk berbagai pengobatan dan kecantikan dan juga untuk meningkatkan vitalitas tubuh. Madu bisa dihasilkan dari berbagai sumber dari alam, salah satu penghasil madu adalah pelepah madu dari pohon sengon.

Peluang usaha budidaya lebah madu masih sangat terbuka lebar sebab kebuthan madu didalam negeri sendiri ini masih belum bisa mencukupi. Budidaya lebah madu adalah salah satu #peluang bisnis yang sangat menjanjikan. Disamping tata pemeliharaannya yang mudah, biaya perawatan yang relative murah juga hasil madu asli yang harganya masih mahal.

Produk yang dihasilkan dari budidaya lebah madu adalah:

  • Madu
  • Royal Jelly
  • Pollen (tepung sari)
  • Lilin lebah (malam)
  • Propolis (perkeat lebah)

Dari semua hasil produk lebah madu diatas pada umunya adalah untuk bahan obat-obatan dan bahan kosmetik serta untuk minuman kesehatan. Budidaya lebah madu juga sangat bermanfaat untuk membantu penyerbukan bunga tanaman sehingga dapat memperoleh hasil yang maksimal.

Melalui Labtech.My.Id yaitu blog yang mengulas seputar peluang usaha kecil ini kita akan bahas lebih banyak Peluang usaha budidaya lebah madu untuk inspirasi usaha anda. Nah yang perlu diperhatikan dalam budidaya ternak lebah madu adalah:

Pilihan Lokasi Yang Tepat

Lokasi budidaya lebah madu yang tepat adalah :

  • Tidak banyak tanaman di atasnya ( tanah lapang )agar lebah bisa terbang lepas
  • Disekitar banyak tanaman jagung
  • Disekitar lokasi terdapat air irigasi untuk minum lebah
  • Ada nektar bunga

Apakah Nektar Bunga itu ? Nektar adalah cairan (pada umumnya manis) pada bunga yang digunakan sebagai perangsang sehingga agar datang pada bunga dan membantu penyerbukan. Tanaman yang banyak mengandung nectar bunga seperti : jagung, sengon, turi, kemiri, bunga matahari, pisang, jambu mede, Mangga, jeruk, dan masih banyak lagi, silahkan dicari di Google.

VIRAL:  Analisis Peluang Bisnis Kue Kering Saat Lebaran

Sedangkan nektar bunga untuk sumber makanan yang nantinya bisa jadi madu. Lebah juga membutuhkan minum, minuman lebah ini bisa didapat dari air irigasi atau resapan air sawah.

Perlengkapan dan Peralatan

Perlengkapan yang harus dipersiapkan untuk budidaya lebah madu adalah :

Kotak lebah

Kotak lebah yang bagus adalah terbuat dari papan kayu turen sebab tahan panas hujan dan tidak mudah lapuk.

Kasa

Sejenis jaring kecil yang diletakkan dibagain atas kotak lebah agar lebah tidak keluar. Kasa bisa didapatkan di toko-toko bangunan bahan bangunan. Penjelasan lebih lengkap dapat anda simak di postingan Cara membuat kotak sarang lebah madu.

Masker
Sarung tangan
Pengasap
Tempat makan
Penyekat ratu
Dan lain-lain

Keterangan selengkapnya dapat anda simak di postingan peluangusaha.info yang lain tentang cara budidaya lebah madu. Selamat mencoba, semoga berhasil.

Artikel Terkait