Budidaya Pok Coy Untuk Pemula Hingga Panen

admin

Pok coy merupakan salah satu jenis sayuran yang terkenal di Indonesia. Pok Coy sangat mudah didapatkan, Anda bisa mencari Pok Coy di pasar tradisional hingga supermarket. Pokcoy merupakan salah satu sayuran yang paling banyak dikonsumsi. Pokcoy masih merupakan jenis sawi. Sayuran hijau ini sangat enak untuk diolah sebagai menu makanan khas rumah atau restoran.

Pokcoy juga merupakan salah satu sayuran yang kaya akan kandungan mineral dan vitamin di dalamnya, menjadikan Pokcoy sangat bermanfaat dan baik untuk dikonsumsi. Pasokan pokcoy masih rendah dan permintaan di pasar sangat berbanding terbalik. Permintaan pasar yang tinggi membuat budidaya pokcoy bisa Anda manfaatkan sebagai peluang bisnis yang menguntungkan. Untuk lebih jelasnya tentang budidaya pokcoy, Anda bisa menyimak ulasannya di bawah ini.

Budidaya Pok Coy Untuk Pemula

Mempersiapkan Lahan Pok Coy

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah menyiapkan lahan terlebih dahulu. Anda bisa menyiapkan lahan tanam dengan membuat bedengan selebar 2 meter. Anda dapat meratakan permukaan bedengan dan mencampurnya dengan kompos atau pupuk organik. Siram dan padatkan areal tanam kemudian buat saluran air.

Pembibitan Pok Coy

Langkah kedua yang perlu Anda lakukan adalah pembibitan. Penyemaian pokcoy dapat dilakukan dengan menggunakan polybag. Isi polibag dengan tanah yang subur dan campurkan tanah tersebut dengan pupuk organik dan arang sekam. Rasionya adalah 1:1:1. Proses persemaian ini bisa memakan waktu hingga 5 hari hingga benih tumbuh sebanyak 3-5 helai daun.

Menanam Pok Coy

Langkah ketiga yang perlu Anda lakukan setelah proses pembibitan adalah menanam bibit. Setelah bibit tumbuh 3-5 helai daun, Anda bisa menanamnya langsung di lapangan. Pilih bibit pakcy yang batangnya tegak dan daunnya terlihat hijau segar. Buat lubang tanam dengan ukuran 4 x 6 cm kemudian pindahkan bibit di polybag ke lahan secara perlahan.

VIRAL:  Peluang Usaha Rumahan Bisnis Kue Donat

Perawatan Pok Coy

Langkah selanjutnya dari proses penanaman tentunya adalah perawatan. Proses ini sangat wajib Anda lakukan agar tanaman pakcoy tumbuh dengan maksimal. Anda harus benar-benar menjaganya dengan baik. Lakukan penyiraman pokcoy secara rutin setiap hari sekali. Ditambah juga pemupukan ulang menggunakan pupuk NPK dengan dosis 300 kg/HA. Selain itu, jangan lupa untuk melakukan penyiangan terhadap gulma dan hama yang menyerang tanaman Pokcoy Anda.

Memanen Pok Coy

Tahap terakhir adalah pemanenan. Anda bisa memanen pokcoy dalam waktu yang singkat dimana sayuran ini memang memiliki masa panen yang cukup cepat. Anda bisa memanen pokcoy pada umur 30-45 hari setelah tanam. Potong batang pokcoy menggunakan pisau dan lakukan secara perlahan dan hati-hati.

Nah, bagi Anda yang tertarik untuk membudidayakan pokcoy, Anda bisa melakukan beberapa cara di atas. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Artikel Terkait