Budidaya Semut Jepang Untuk Pemula

admin

Semut, hewan kecil yang satu ini memang sering mengganggu, apalagi jika ada makanan yang tersedia di meja dan kita lupa untuk menutupinya sehingga makanan tersebut pasti banyak diserbu semut. Namun tahukah anda bahwa semut memiliki banyak sekali jenisnya, diantara sekian banyak jenis semut yang hidup di dunia, ada satu jenis semut yang memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh manusia, semut jenis ini sering di kenal dengan sebutan semut jepang. .

Semut Jepang memiliki beberapa ciri yang membedakannya dengan semut biasa, ciri-cirinya antara lain berukuran lebih besar dari semut lokal, berbadan padat dan berwarna hitam pekat. Semut jenis ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh manusia dan harganya yang cukup tinggi di pasaran menjadikan semut jepang peluang yang baik untuk dijadikan bisnis dengan keuntungan yang cukup menggiurkan, jika anda penasaran dengan semut jepang maka silahkan simak untuk ulasan di bawah ini.

Panduan Budidaya Semut Jepang

Menyiapkan Media

Langkah pertama yang harus anda lakukan untuk memulai bisnis semut jepang adalah menyiapkan media yang akan digunakan untuk membudidayakan semut ini, anda perlu menyediakan toples bening yang terbuat dari plastik atau kaca, setelah itu masukkan kapas ke dalam toples tersebut hingga memenuhi setengah ukuran semut. stoples, pastikan kapas benar-benar kering.

Memberi makan

Dalam membudidayakan semut jepang tentunya anda perlu memberi mereka makan agar tetap hidup, pakan yang bisa digunakan disini adalah ragi. Untuk makanan, semut Jepang tergolong ekonomis karena hanya membutuhkan satu ragi untuk memberi makan hingga 200 semut. Selain itu pakan hanya diberikan setiap tiga hari sekali, namun perlu memperhatikan kualitas ragi agar semut tidak mati.

VIRAL:  Peluang Usaha Jualan Gorengan di Kampus

Periode Pengembangan

Dalam proses budidaya semut jepang, anda perlu mengetahui proses perkembangan semut ini mulai dari masa kawin, bertelur, membentuk larva, hingga akhirnya dewasa dan siap panen. Untuk masa perkembangan hingga masa panen semut jepang cukup singkat, berlangsung antara tiga minggu hingga satu bulan dan kemudian siap panen.

Proses Pemeliharaan

Agar budidaya semut jepang anda berjalan dengan lancar, anda perlu mengetahui proses perawatannya, termasuk menghindari semut jepang dari jenis semut lain agar semut jepang tidak mati karena diserang, selain itu menghindari toples yang berisi semut jepang dari sinar matahari langsung. karena akan mempengaruhi proses pembangunan. , Anda harus meletakkan toples di tempat yang gelap.

Pemanenan

Setelah anda melakukan semua langkah diatas, maka masa yang dinanti akhirnya tiba yaitu waktu panen, proses panen bisa dilakukan setelah semut berumur minimal tiga minggu dengan jumlah semut jepang yang bisa di panen. dapat bertambah hingga tiga kali lipat jumlah benih sehingga diperoleh manfaat. Apa yang Anda dapatkan dari bisnis semut jepang ini sudah tidak diragukan lagi.

Salah satu jenis bisnis yang bisa dijalankan dengan modal kecil namun menghasilkan keuntungan yang besar adalah bisnis budidaya semut jepang seperti yang telah dijelaskan pada artikel di atas.

Artikel Terkait