Cara Beternak Burung Pleci Yang Menguntungkan Dalam Waktu Singkat

admin

Cara ternak burung pleci. Kali ini Team Kicauburung.id akan membahas tentang cara ternak pleci di sangkar gantung, cara ternak pleci dada kuning, cara membedakan pleci jantan dan betina, cara menjodohkan pleci, cara ternak pleci koloni, cara ternak pleci pemula, ternak pleci koloni, cara beternak pleci dada putih.

Cara ternak burung pleci. Kali ini Team Kicauburung.id akan membahas tentang cara ternak pleci di sangkar gantung, cara ternak pleci dada kuning, cara membedakan pleci jantan dan betina, cara menjodohkan pleci, cara ternak pleci koloni, cara ternak pleci pemula, ternak pleci koloni, cara beternak pleci dada putih. Burung Pleci merupakan salah satu dari sekian banyak jenis burung yang popular dan marak di pasar unggas khususnya di Indonesia kita tercinta. Karena harganya yang relatif terjangkau dan cara mendapatkannya yang cukup mudah menjadikan burung kicau pleci yang satu ini banyak digemari oleh kalangan peternak burung di seluruh pelosok negeri.

Para peternak burung kicau , kususnya burung pleci berpendapat bahwa burung pleci memiliki tingkat kesulitan tersendiri untuk penangkarannya, mulai dari sulitnya perawatan, kebiasaan buruk burung pleci yang suka mengacak-acak sangkar sampai pada karakternya yang rentan mati.

Hal ini menjadikan para peternak burung yang tergolong masih pemula gagal menernak burung pleci dan tak jarang dari mereka yang menyesal karena tidak bisa menernak burung kicau yang menawan dan menarik ini. Nah dalam artikel berikut ini kami akan berbagi tips jitu cara ternak burung pleci untuk anda semua para pecinta burung khususnya bagi para peternak burung yang masih pemula. Check it out!

Langkah-Langkah Ternak Burung Pleci

Persiapan Kandang

Burung pleci merupakan jenis burung yang tidak membutuhkan kandang yang besar sehingga anda bisa menyediakan kandang dengan tipe aviary saja khusus untuk beberapa pasang burung burung pleci. Selain menghemat tempat, kandang tipe aviary ini juga tergolong mudah perawatannya sehingga anda tidak perlu merogoh kocek terlalu banyak untuk menernak burung pleci. Beberapa hal yang harus diperhatikan untuk persiapan kandang burung pleci diantaranya; anda harus menyediakan tempat minum, tempat makan dan juga sarang berukuran sedang untuk proses reproduksi burung. Sarang dapat anda dapatkan di pasar unggas yang ada di sekitar anda ataupun anda juga bisa membuatnya sendiri secara mandiri. Letakkan sarang pada posisi menggantung atau di sebelah pojok kandang agar tidak mengganggu proses perawatan dan pergantian makan serta minum.

VIRAL:  Cara Mengatasi Pleci Suka Salto

Memilih induk

Memilih indukan burung merupakan salah satu faktor penting saat anda berencana untuk menenak burung pleci. Pilihlah induk betina dan jantan dengan karakter jinak serta tidak cacat agar anda mendapatkan burung pleci dengan kualitas yang unggul. Usia burung betina minimal 1.5 tahun dan untuk burung jantan minimal 1 tahun.

Perjodohan

Proses perjodohan dimulai dengan cara mendekatkan sangkar betina dan jantan selama kurang lebih 2 minggu. Selama proses perjodohan ini diharapkan para peternak mencukupi kebutuhan pakan yang berprotein tinggi.

Persediaan pakan

Selama proses perjodohan anda harus mempersiapkan pakan yang cukup sehingga anda mendapatkan keturunan burung dengan kualitas unggul. Beberapa pakan burung yang bisa anda sediakan diantaranya; jangkrik, cacing tanah, kroto, voer kualitas baik dan atau ulat kandang. Selain itu anda juga bisa menyediakan buah-buahan sebagai sumber vitamin yang baik seperti pepaya, pisang dan juga buah apel.

Sebenarnya cara tenak burung beleci dada kuning untuk tingkat kesulitannya sama saja dengan beretnak pleci dada putih, pleci montanus, pleci lokal, pleci gunung, pleci auriventer, belci buxtomi dan pleci jenis lainnya. Demikian beberapa tips cara ternak burung pleci yang bisa anda jadikan referensi saat anda memiliki keinginan untuk beternak burung pleci. Semoga bermanfaat dan semoga berhasil!

Artikel Terkait