Cara Budidaya Buah Semangka Hingga Panen

admin

Semangka, merupakan buah tropis yang segar dan enak untuk disantap. Buah ini sering dijadikan sebagai manisan dan es buah yang menyegarkan. Semangka merupakan buah dengan sejarah yang panjang, buah ini pertama kali ditemukan dan dibudidayakan 4000 tahun sebelum masehi di Afrika Selatan. Kemudian menyebar ke seluruh dunia termasuk Indonesia.

Semangka merupakan salah satu buah dengan tanaman merambat, semangka ini bersifat musiman namun masa panen semangka cukup cepat. Semangka banyak disukai karena kandungan airnya yang enak dan menyegarkan. Popularitas buah semangka dan tingginya minat pasar terhadap buah semangka menjadikannya peluang bisnis yang baik untuk budidaya semangka dan keuntungan. Nah, bagi Anda yang tertarik untuk mengetahuinya lebih lanjut, Anda bisa menyimak beberapa ulasannya di bawah ini.

Budidaya Semangka Sampai Panen

Persiapan Lahan

Hal pertama yang paling penting dilakukan adalah menyiapkan lahan. Anda harus menyiapkan lahan untuk budidaya dengan cara membajak lahan atau mencangkul lahan agar gembur dan mudah ditanami. Setelah tanah cukup gembur, tambahkan pupuk kandang atau kompos atau pupuk organik untuk menyuburkan tanaman nantinya. Setelah itu buat lubang untuk menanam bibit semangka dengan jarak antar lubang 60 cm.

Persiapan Bibit Semangka

Yang kedua adalah tahap persiapan benih semangka. Anda harus memilih dan menyiapkan bibit semangka yang akan ditanam. Usahakan untuk memilih benih yang sudah matang untuk dikeringkan dan merupakan benih semangka yang berkualitas. Anda bisa membelinya di toko pertanian terdekat. Cara persiapannya adalah dengan menanam bibit semangka ke dalam polybag kemudian letakkan di tempat yang teduh dan jangan lupa untuk memberikan pupuk dan air secara teratur.

Proses Penanaman

Yang ketiga adalah proses penanaman. Anda bisa menanam bibit semangka tepat saat bibit sudah bertunas dan berumur satu minggu. Bibit yang sudah siap tanam biasanya ditandai dengan tumbuhnya tiga helai daun. Pindahkan bibit ke lahan yang sudah anda siapkan tadi lalu tanam. Penanaman bibit sangat disarankan dilakukan pada pagi hari agar bibit tanaman tidak terkena sinar matahari langsung.

VIRAL:  Analisis Peluang Usaha Ternak Ayam Kampung

Proses Pemeliharaan

Yang keempat adalah proses perawatan. Bibit yang telah ditanam perlu perawatan dan pemeliharaan yang teratur agar dapat tumbuh dengan baik dan dapat berbuah secara maksimal. Siram tanaman semangka secara rutin dua kali sehari dan perhatikan hama dan gulma yang dapat menyirami tanaman semangka anda. Tambahkan juga pupuk agar tanaman Anda sehat dan segar.

Proses Panen

Terakhir adalah proses pemanenan. Tanaman semangka yang sudah siap panen berumur kurang lebih 60-70 hari dengan ukuran buah yang sudah masak dan maksimal untuk dipanen. Anda dapat memanennya dengan hati-hati memotong batang yang terhubung ke buah. Setelah itu masukkan ke dalam wadah.

Nah, bagi Anda yang tertarik untuk melakukan bisnis budidaya semangka, Anda bisa mencoba beberapa cara yang sudah diulas di atas. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Artikel Terkait