Cara Budidaya Ikan Cupang Modal Kecil

admin

Artikel ini akan membahas Cara Budidaya Ikan Cupang Modal Kecil. Saat ini ikan cupang banyak digemari masyarakat Indonesia khususnya yang hobi aduan. Ikan dengan tubuh kecil ini memang terkenal sebagai ikan petarung. Inilah yang membuat ikan yang memiliki warna beragam ini sangat digandrungi.

Air untuk memlihara ikan cupang

Untuk menghasilkan ikan cupang yang berkualitas sebaiknya menggunaka air alami atau air yang diambil langsung dari sumur atau mata air. Air hasil dari penyulingan sebenarnya kurang bagus untuk budidaya ikan cupang ini sebab air penyulingan mengandung obat atau sejenis kaforit tertentu untuk menjernihkan air yang tentunya kurang bagus untuk perkembangan ikan cupang.

Jika anda kesulitan mencari air alami atau ditempat anda cuman ada air penyulingan maka berikut ini tips untuk menggunakan airnya.

  • Taruh air dalam wadah lalu kasih daun ketapang
  • Tambahkan garam ikan
  • Campurkan obat anti klorin untuk menghilangkan kaforitnya.
  • Biarkan selama kurang lebih 24 jam.
  • Air sudah bisa dipakai untuk budidaya ikan cupang
  • Air adalah factor utama untuk membudidayakan ikan cupang karena itu adalah lingkungan hidup ikan yang cantik ini, jika air yang digunakan untuk budidaya kualitasnya jelek maka pertubuhan ikan cupang juga akan terganggu.

Hal lain lain yeng perlu diperhatikan adalah kebersihannya baik kebersihan air maupun kebershian tempatnya. Suhu juga hal yeng perlu diperhatikan dengan seksama agar pertumbuhan ikan cupang bisa maksimal dan menghasilkan ikan cupang yang berkualitas.

Budidaya ikan cupang bisa dibilang sederhana sebab perawatannya cuman wadah sam air ikan sudah bisa hidup. # Cara Budidaya ikan cupang juga tidak memerlukan alat erator untuk sirkulasi udara sebab tanpa eratorpun ikan cupang ini sudah bisa hidup. Lain halnya dengan budidaya ikan koi atau sejenisnya yang memerlukan erator air yang baik.

VIRAL:  Cara Menanam Timun Jepang Agar Berbuah Banyak

Untuk proses pemijahan ikan cupang juga sangat sederhan. Tiap indukan yang sudah bertelur dipindahkan di botol terlebih dahulu, lantas disatukan dalam kolam atau tempat pemijahan dengan ikan cupang jantan. Hal ini dilakukan karena pemijahan ikan cupang diperlukan proses perjodohan terlebih dahulu.

Ciri Ikan cupang betina

Ciri khas ikan cupang betina adalah :

  • Bentuknya lebih pendek dan perutnya lebih besar dibandingkan dengan ikan cupang jantan.
  • Warnanya kurang cerah dibandingkan dengan yang jantan.
  • Ikan cupang betina siap dikawinkan jika umurnya sudah lima bulan. Ciri khas ikan betina yang telah berusia lima bulan atau siap dikawinkan adalah adanya bintik-bintik dibawah perutnya.

Jika sudah dijodohkan si ikan betina akan timbul ciri khas garis vertical pada fisiknya itu sebagai petanda bahwa si ikan betina sudah siap kawin atau sedang nafsu birahi. Warnanya menjadi lebih cerah dari biasanya. Jadi proses perjodohan ikan cupang mirip kayak manusia. Jadi si betina dimasukkan dalam botol itu nantinya dia akan berkenalan dulu dengan si jantan. Biasanya pada proses pemijahan ini pada airnya dikasih satu dau n ketapang yang mengapung diatas, perlunya sebagai tempat membuat sarang.

Proses pembuatan sarang adalah sijantan akan mengeluarkan banyak busa dibawah daun ketapang tadi. Kemudian jika sijantan sudah siap kawin akan mengeluarkan garis-garis vertical terutama pada insangnya dan warnanya juga menjadi lebih cerah.

Jika sudah bertelur segera angkat si ikan cupang betina dan pindahkan ke tempat lain. Sebab jika tidak, si ikan cupang betina akan memakan telur-telurnya sendiri. Proses perawatan Dan pengamanan telur-telur akan dilakukan oleh si jantan.

Proses pengawasan ekstra sangat diperlukan ketika proses pemijahan. Sebab jika sudah bertelur si ikan cupang betina biasanya akan disingkirkan oleh ikan cupang jantan, sebab ikan cupang jantan berminat merawat sendiri telur-telur calon anakannya.

VIRAL:  Analisis Budidaya Ikan Gurame di Rumah

Jika usia telur sudah tiga hingga empat pekan selanjutnya anakan cupang dipisahkan dari ayahnya. Anakan ini lantas disatukan dalam satu kolam khusus, dan selama proses pembesaran membutuhkan waktu selama kurang lebih lima bulan.

Telur Ikan Cupang

Setelah itu barulah dipindahakan pada media secara individual, sebab anakan yang jantan jika sudah besar perangainya menjadi galak dan cenderung bertarung dengan saudara-saudaranya sesama jantan.

Untuk pakan dan obat-obatan ikan cupang biasanya diberi pakan khusus. Namun selain yang pakan khusus ikan cupang juga bisa dikasih pakan alami lainnya seperti jentik nyamuk, kutu air dan cacing sutra.

Namun untuk media yang sederhana, pakan jenis pellet sudah cukup untuk pakan ikan cupang kalu untuk koleksi pribadi. Sementara untuk menjaga kadar air agar tetap sempurna maka cukup dengan menggunakan daun ketapang yang diletakkan dipermukaan airnya. Maka daun akan akan menetralisir air dalam aquarium.

Ikan cupang yang sakit biasanya diem aja tidak mau beraktifitas seperti berenang atau bergerak kesana kemari. Juga pada fisiknya Nampak perkembangannya kurang bagus seperti siripnya yang tidak mekar dan timbul bintik-bintik pada tubuhnya.

Untuk menanggulanginya biasanya setiap hari sekali diteteskan satu tetes obat yang umum dipakai yaitu GENERALTONIC pada air takaran 4 liter. Kemudian esok harinya air harus diganti total dan kasih satu tetesan lagi begitu seterusnya hingga si ikan sembuh dan sehat kembali.

Artikel Terkait