Cara Budidaya Kacang Panjang Hingga Panen

admin

Kacang panjang, merupakan salah satu jenis sayuran yang sangat terkenal di kalangan masyarakat Indonesia. Kacang panjang sering digunakan sebagai bahan masakan, sup atau lalapan. Sesuai dengan namanya, kacang jenis ini memiliki bentuk yang memanjang dan berwarna hijau. Kacang panjang mengandung mineral dan vitamin yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Di Indonesia sendiri kacang panjang sangat terkenal dan sangat mudah ditemukan. Kacang panjang bisa Anda temukan di pasar tradisional atau pasar super. Kacang panjang juga sering dijadikan menu utama di rumah di beberapa restoran dan warteg. Tingginya permintaan dan kebutuhan kacang panjang di pasaran menjadikan budidaya kacang panjang sebagai peluang bisnis yang menguntungkan. Nah bagi anda yang tertarik untuk memulai budidaya kacang panjang ini bisa menyimak ulasannya di bawah ini.

Budidaya Kacang Panjang Hingga Panen

Persiapan Lahan

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah menyiapkan area tanam. Sebelum menanam kacang panjang, Anda perlu menyiapkan area tanam terlebih dahulu. Menggemburkan tanah pada areal tanam dengan cara mencangkul atau membajaknya. Bersihkan juga lahan dari gulma dan gulma agar tidak mengganggu tanaman kacang panjang anda nantinya.

Menanam Bibit Kacang Panjang

Langkah kedua adalah menanam benih. Tanam bibit dengan membuat bedengan kemudian beri lubang tanam sekitar 5 cm untuk kedalamannya. Tambahkan biji kacang panjang yang sudah disiapkan. Anda bisa membelinya di toko pertanian terdekat. Pilih benih yang berkualitas dan rendam benih sebelum ditanam dalam satu liter air yang telah ditetesi 10 tetes ZPT Auksin. Rendam selama 6 jam.

Pemasangan Tiang Pancang Kacang Panjang

Langkah ketiga adalah pemasangan tiang pancang. Anda bisa memasang ajir saat bibit sudah tumbuh agar akar tanaman kacang panjang tidak rusak tertusuk lidi. Spidol ini berfungsi sebagai tempat perbanyakan tanaman kacang panjang anda nantinya. Anda bisa membuat pasak dan menempelkannya pada ketinggian sekitar 2 meter.

VIRAL:  Peluang Usaha Jualan Gorengan di Kampus

Perawatan Kacang Panjang

Langkah keempat adalah pengobatan. Dalam budidaya, proses pemeliharaan merupakan salah satu hal penting yang harus dilakukan. Anda harus merawat tanaman kacang panjang Anda dengan melakukan pemupukan kembali terlebih dahulu dengan menambahkan pupuk urea dan ZA. Anda juga perlu melakukan penyiangan dan pembersihan gulma dan gulma yang tumbuh di sekitar tanaman. Jangan lupa untuk menyiramnya secara teratur, terutama saat musim kemarau.

Memanen Kacang Panjang

Tahap terakhir adalah panen. Langkah ini merupakan langkah terakhir dimana anda akan bisa memanen kacang panjang pada umur 50-60 hari. Usia tersebut merupakan rentang usia matang kacang panjang untuk dipanen. Anda bisa memanennya dengan cara memetik kacang panjang dan memasukkannya ke dalam wadah.

Nah, itulah beberapa langkah budidaya kacang panjang yang bisa Anda coba. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait