Cara Jitu Membedakan Pleci Jantan dan Pleci Betina

admin

Cara Membedakan Pleci Jantan Dan Betina. Membedakan jenis kelamin burung pleci memang bisa dikatakan tidak mudah, bahkan ahli ornitology pun kesulitan untuk membedakan antara pleci betina dan pleci jantan jika hanya dilihat dari badannya.

Cara Membedakan Pleci Jantan Dan Betina. Membedakan jenis kelamin burung pleci memang bisa dikatakan tidak mudah, bahkan ahli ornitology pun kesulitan untuk membedakan antara pleci betina dan pleci jantan jika hanya dilihat dari badannya. Ini dikarenakan burung kacamata/ pleci merupakan jenis burung yang memiliki bentuk, struktur dan warna yang sama dengan sejenisnya. Kesulitan membedakan jenis kelamin burung pleci ini pun juga sering kali dirasakan oleh para pemelihara burung. Biasanya mereka menentukan jenis kelamin burung dengan cara melihat tingkah laku si burung pleci dan juga suaranya saat sedang berkicau.

Namun cara demikian juga hanya dapat dipahami oleh orang-orang tertentu saja. Lalu bagaimana cara yang ampuh yang dapat kita lakukan untuk bisa membedakan jenis kelamin burung pleci? tenang saja guys, dalam artikel berikut ini kami akan memberikan trik cara membedakan pleci jantan dan betina dilihat dari faktor fisik dan nonfisiknya.

Cara membedakan pleci jantan dan betina berdasarkan fisiknya

Ekor pleci jantan dan betina

Burung pleci jantan memiliki ukuran ekor yang lebih panjang jika dibandingkan dnegan burung pleci betina. Ekor pleci jantang memiliki ujung yang runcing seperti huruf “V” sedangkan ekor pleci betina agak pendek dengan ujung yang rata.

Kepala pleci jantan dan betina

Bentuk kepala burung pleci jantan agak agak besar dan bulat dengan bagian paruhnya yang terlihat kasar. Sedangkan kepala pleci betina memiliki ukuran lebih kecil dan ramping.

VIRAL:  Cara Mengatasi Pleci Suka Salto

Warna bulu pleci jantan dan betina

Burung pleci jantan memiliki warna bulu yang lebih cerah dan mencolok sedangkan warna bulu betina memiliki warna yang kusam.

Dubur/pen pleci jantan dan betina

Pleci jantan memiliki dubur yang memanjang dengan disertai tumbuhnya banyak bulu disekitarnya. Ini menjadikan burung pleci jantan lebih mudah dalam berkembang biak saat terjadinya penetrasi. Sedangkan pleci betina memiliki dubur yang kecil dan hanya ditumbuhi sedikit bulu untuk memudahkan penetrasi.

Paruh pleci jantan dan betina

Bentuk paruh pleci jantan memiliki bentuk yang tebal dan agak pendek sedangkan paruh pleci betina berbentuk sedikit memanjang dari paruh pleci jantan.

Body pleci jantan dan betina

Body burung pleci jantan cenderung lebih panjang sedangkan body burung pleci betina cenderung pendek dan agak bulat.

Klep mata pleci jantan dan betina

Burung pleci biasa juga disebut sebagai burung kacamata karena adanya klep disekitar burung pleci. Burung pleci jantan memiliki klep mata yang tebal dan putus-putus dibagian bawahnya sedangkan pleci betina memiliki klep mata yang tebal tanpa adanya putus.

Cara membedakan pleci jantan dan betina berdasarkan perilakunya

Suara pleci jantan dan betina

Suara burung pleci jantan akan terdengar lebih mengkristal dari burung betina, namun cara ini tidak cukup mudah karena dibutuhkan kejelian dalam pengamatannya.

Agresivitas dan kelincahan pleci jantan dan betina

Pleci jantan akan terlihat lebih lincah dan suka bertarung antar sesama pleci jika sedang dalam ombyokan/bergerombol.

Reaksi terhadap semprotan air

Jika anda menyemprotkan air pada bagian kepala burung pleci maka pada burung pleci jantan jambulnya akan terlihat dan pupil matanya sontak akan mengecil.

Demikian beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk memudahkan anda dalam membedakan jenis kelamin pleci jantan dan juga pleci betina. Semoga bermanfaat!

VIRAL:  Cara Pemasteran Kenari Bakalan, Dewasa, dan Yang Sudah Gacor

Artikel Terkait