Cara Membedakan Burung Gelatik Jantan dan Betina

admin

Tips dan trik cara membedakan burung gelatik batu jantan dan betina, Burung gelatik batu atau glatik wingko merupakan salah satu burung kicau yang akhir-akhir ini banyak diminati oleh para kicau mania baik dengan tujuan untuk dimaster atau hanya sekedar ubtuk kesenangan semata. Burung gelatik ini harganya memang cukup murah sehingga para pembeli jarang yang merasa kecewa setelah memelihara burung gelatik. Burung gelatik juga termasuk burung yang gampang sekali berkicau jika dibandingkan burung lainnya.

Oleh karena itu, jika kita ingin memelihara burung gelatik wingko dengan tujuan untuk dilombakan dan dinikmati suara kicauannya yang indah, maka anda harus hati-hati ketika memilih burung gelatik. Pilihlah burung gelatik yang berjenis kelamin jantan. Ini dikarenakan hanya gelatik jantanlah yang mampu berkicau dengan suara yang merdu dan gacor sedangkan burung gelatik betina tidak bisa berkicau seperti yang anda harapkan. Nah, bagaimana cara membedakan burung gelatik batu jantan dan betina? Kami akan memberikan ulasannya sehingga pemahaman anda tentang burung gelatik semakin bertambah.

Tips jitu untuk membedakan jenis kelamin antara gelatik batu jantan dan betina dapat dilihat dengan seksama mengenai beberapa ciri-ciri berikut:

Ciri-Ciri Burung Gelatik Batu Jantan

  1. Gelatik jantan memiliki bulu dada yang cukup tebal dan berwarna hitam. Ekornya pun juga sama yaitu berwarna hitam.
  2. Memiliki garis hitam dan tegas di tenggorokannya sampai pada bagian kloaka dan biasanya menyambung sampai ke bawah.
  3. Memiliki body yang ramping dan memanjang.
  4. Memiliki kepala dengan bentuk yang datar dibagian atasnya dengan bulu yang mengkilap
  5. Cara bertengger burung gelatik (batu) jantan ini cenderung lebih tegap dibanding dengan gelatik betina.

Ciri-Ciri Burung Gelatik Batu Betina

  1. Gelatik betina betina memiliki bulu dada yang tipis dan berwarna hitam.
  2. Memiliki garis hitam yang putus-putus pada bagian tenggorokan namun tidak tegas seperti burung gelatik jantan
  3. Memiliki body yang cenderung lebih bulat dan pendek jika dibandingkan dengan burung gelatik jantan
  4. Bagian atas kepala burung gelatik betina ini terkesan lebih bulat
  5. Cara bertengger burung gelatik batu jantan ini cenderung menunduk tidak seperti burung gelatik jantan yang tegap.
  6. Pada gelatik batu anakan, mereka akan memiliki ciri-ciri yang hampir sama, namun yang berbeda hanyalah bagian dada yang berwarna hitam dan mengkilap pada gelatik dewasa akan berwarna kusan dan keabu-abuan pada gelatik anakan.
VIRAL:  Cara Melatih Burung Mandi di Karamba Sampai Bisa

Demikian sedikit ulasan mengenai cara membedakan jenis kelamin pada burung gelatik batu jantan dan juga betina. Pemeliharaan burung gelatik memang lebih mudah dibanding burung pemakan serangga yang lain. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda tentang dunia burung kicau yang merajalela di seluruh tanah air kita tercinta. Terima kasih.

Artikel Terkait