Cara Memilih Bakalan Burung Murai Batu Yang Berkualitas

admin

Cara dan tips memilih Murai batu bakalan yang didapatkan dari hasil perburuan atau penangkapan hutan memang memiliki harga yang relatif murah jika dibandingkan dengan murai batu bakalan muda yang berasal dari hasil peternakan. Ini dikarenakan murai batu bakalan tersebut biasanya tidak jinak, giras dan belum diberi makanan voer sebagai pakan utama.

Cara dan tips memilih Murai batu bakalan yang didapatkan dari hasil perburuan atau penangkapan hutan memang memiliki harga yang relatif murah jika dibandingkan dengan murai batu bakalan muda yang berasal darI hasil peternakan. Ini dikarenakan murai batu bakalan tersebut biasanya tidak jinak, giras dan belum diberi makanan voer sebagai pakan utama.

Namun jika anda ingin membeli burung Murai batu bakalan sebaiknya anda lebih berhati-hati dan jeli karena meskipun dipatok dengan harga yang murah belum tentu Murai Batu bakalan yang anda beli tersebut berkualitas bagus. Dan juga anda harus paham atau tau cara membedakan Murai batu jantan dan betina Bukannya untung yang akan anda dapatkan malah buntung karena bisa saja burung bakalan yang anda beli tersebut tidak mampu bersuara atau gacor. Lalu bagaimana cara memilih burung murai batu bakalan yang bagus? Anda bisa menyimak ulasan singkat yang sudah kami rangkum berikut ini. Check it out!

Memilih Bakalan Murai Batu

Mata

Amatilah kondisi fisik mata sang burung bakalan saat anda ingin membelinya. Hindari memilih burung dengan mata yang katarak yaitu penyakit mata dengan adanya selaput putih pada bagian bola mata. Penyakit katarak dapat menyebabkan resiko terjadinya kebutaan.

Kaki

Pilihlah kaki burung yang berwarna hitam karena warna kaki tersebut diyakini menjadi ciri burung yang memiliki mental kuat untuk bertanding. Selain itu amati juga kuku kelingking pada bagian belakang, jika warna kedua kuku tidak sama itu berarti burung bakalan tidak memiliki mental yang stabil saat bertanding.

VIRAL:  Lakukan Ini Cucak Ijo Auto Menang Lomba

Ekor

Burung Murai Batu memiliki ekor yang panjang, rapat dan tidak begitu tebal. Kebiasaan burung Murai akan melentikkan ekornya saat berkicau jadi sebaiknya anda menghindari memilih burung murai batu bakalan yang tidak memiliki ekor karena anda tidak akan tahu burung yang anda beli memiliki ekor yang menawan atau tidak.

Usia

Menaksir usia burung muria batu bakalan dapat anda lakukan dengan cara membuka paruhnya selanjutnya perhatikan bagian rongga mulutnya. Jika anda mendapati rongga mulut dengan warna putih dan cerah maka bisa dipastikan burung tersebut masih berumur muda namun jika rongga mulutnya berwarna hitam itu tandanya burung sudah berumur tua.

Tingkah Laku

Burung Murai Batu yang memiliki mental kuat dan tangguh akan mematuk-matuk dan menjerit kencang saat kita berusaha untuk memegangnya. Burung ini biasanya merupakan burung hasil tangkapan dan akan menghasilkan mental petarung yang tangguh untuk diikutsertakan dalam lomba.

Demikian beberapa cara memilih burung Murai Batu bakalan yang bagus agar anda dapat memiliki burung dengan kualitas super dan mengagumkan. Selain itu anda juga harus berhati-hati dalam merawat burung tersebut, banyak sumber-sumber yang menyarankan untuk sering-sering memandikan burung dengan cara spray/ semprot namun sebenarnya jika kita memandikan burung secara berlebihan akan menjadikan burung merasa stress, tidak mau makan, kesehatan terganggu dan berujung pada kematian. Semoga bermanfaat!

Artikel Terkait