Cara Menanam Jambu Kristal Sampai Panen

admin

Jambu Kristal, merupakan salah satu jenis jambu biji yang sangat banyak digemari. Khusus untuk pecinta jambu biji pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya jambu kristal. Jambu biji ini sangat populer dan banyak dicari. Jambu biji jenis ini sangat unik, dimana Jambu Kristal ini memiliki buah yang padat tanpa biji di dalamnya. Biji dalam jambu biji ini tidak sebanyak jambu biji. Inilah salah satu perbedaan antara jambu kristal dan jambu batu.

Buah dengan nama latin Psidium guajava ini termasuk salah satu varietas jambu biji. Hanya saja jambu kristal berbeda dari segi ukuran dan biji di dalamnya. Hal ini pula yang membuat banyak orang menyukai jambu kristal karena dagingnya yang banyak, rasanya yang manis, segar dan renyah serta baunya yang harum. Bentuknya agak bulat dengan sedikit lonjong dan memiliki warna hijau pada kulitnya. Permintaan pasar yang tinggi menjadikan budidaya jambu kristal sebagai peluang bisnis yang baik untuk dijalankan. Nah, bagi Anda yang tertarik membudidayakan jambu kristal, Anda bisa menyimak beberapa ulasannya di bawah ini.

Budidaya Jambu Kristal

Pengolahan Tanah

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengolah area tanam terlebih dahulu. Anda harus mengendurkan areal tanam dengan cara membajak atau mencangkulnya. Hal ini bertujuan untuk mempermudah proses penanaman tanaman jambu kristal. Beri juga pupuk organik pada tanah yang sudah digemburkan tadi.

Seleksi Benih

Langkah kedua yang perlu Anda lakukan adalah memilih bibit. Bibit jambu kristal sebaiknya anda pilih dengan sebaik-baiknya. Anda dapat memilih benih yang berkualitas, Anda dapat membelinya di toko pertanian atau melalui toko online. Pilihlah bibit yang berkualitas dan terjamin kualitasnya sehingga buah yang dihasilkan akan baik, sehat dan segar.

VIRAL:  Budidaya Semut Jepang Untuk Pemula

Proses Penanaman Jambu Kristal

Langkah ketiga yang perlu Anda lakukan adalah proses menanam jambu kristal. Anda bisa menanam biji jambu biji langsung ke lahan yang sudah disiapkan. Anda dapat menanam benih ke dalam lubang yang dibuat dengan ukuran 20 x 20 cm yang memiliki kedalaman sekitar 30 cm. Lakukan penanaman pada pagi hari agar benih tidak terkena sinar matahari langsung.

Proses Pemeliharaan Jambu Kristal

Langkah keempat yang perlu Anda lakukan adalah proses perawatan. Proses ini perlu Anda perhatikan dengan baik karena akan mempengaruhi pertumbuhan bibit jambu kristal yang sudah ditanam. Anda bisa melakukan penyiraman sehari sekali, lakukan juga penambahan pupuk organik serta lakukan penyiangan dan pembersihan tanaman dari gulma yang tumbuh di sekitar tanaman.

Proses Panen Jambu Kristal

Langkah terakhir yang perlu Anda lakukan adalah memanen Jambu Kristal. Anda bisa memanen jambu Kristal bisa dipanen saat berumur 6 bulan sejak tanam. Hal ini ditandai dengan warna buah yang berubah menjadi agak kekuningan dan berbau harum. Potong tangkai buah kemudian masukkan ke dalam wadah dan urutkan berdasarkan ukuran buah jambu kristal.

Nah, jika Anda tertarik untuk membudidayakan jambu kristal, Anda bisa mencoba beberapa cara di atas. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait