Cara Menanam Pepaya California Agar Panen Melimpah

admin

Pepaya, buah yang satu ini sangat familiar bagi masyarakat khususnya masyarakat Indonesia. Pepaya merupakan salah satu jenis buah yang berasal dari Meksiko, atau tepatnya Amerika Selatan. Pepaya telah banyak dibudidayakan di seluruh belahan dunia hingga Indonesia. Salah satu jenis pepaya yang merupakan varietas unggul dan baik untuk dibudidayakan adalah pepaya California.

Pepaya California sendiri merupakan jenis pepaya varietas yang unik, dimana tinggi batang tanaman ini hanya mencapai 1,5 – 2 meter. Tentu saja hal ini unik yang membuat pepaya California berbeda dengan jenis pepaya lainnya. Pepaya California ini juga bisa dipanen dalam waktu 8 – 9 bulan dan bisa terus dipanen hingga umur 4 tahun. Dagingnya yang manis dan gurih membuat pepaya California banyak digemari. Bagi Anda yang ingin membudidayakan pepaya California, Anda bisa menyimak panduan langkah demi langkah berikut ini.

Budidaya Pepaya California agar Panen Melimpah

Pembibitan

Yang pertama adalah pembibitan. Bibit yang sudah dikeringkan bisa Anda tanam ke dalam polibag berisi tanah dan pupuk. Coba gunakan pupuk organik. Kemudian letakkan polybag di tempat yang sejuk dan terhindar dari sinar matahari langsung. Lakukan juga pemupukan dan penyiraman sampai benih dan berumur sekitar satu minggu.

Pengolahan Tanah

Kedua, pengelolaan lahan. Anda bisa mengolah area tanam dengan menggemburkan tanah terlebih dahulu. Menggemburkan tanah dengan mencangkul atau membajak. Selain itu, berikan juga pupuk organik pada tanah yang telah digemburkan tadi. Setelah itu buat lubang tanam untuk media tanam pepaya dengan kedalaman 30 cm dan ukuran 20 x 20 cm. .

Proses Menanam ke Tanah

Ketiga, penanaman benih ke dalam areal tanam. Tanam benih yang sudah disiapkan tadi ke dalam areal tanam. Pilih bibit yang berumur lebih dari seminggu yang ditandai dengan daun pepaya California yang sudah tumbuh sebanyak 4-5 helai. Setelah itu masukkan ke dalam lubang tanam dan tutup dengan tanah yang sudah dicampur dengan pupuk organik.

VIRAL:  Panduan Lengkap Budidaya Udang Air Tawar di Akuarium

Proses Pemeliharaan

Yang keempat adalah proses perawatan. Budidaya, khususnya tanaman, tidak lepas dari pemeliharaan. Anda sangat wajib untuk memperhatikan dan memelihara tanaman budidaya anda agar proses pertumbuhannya menjadi maksimal dan berbuah banyak nantinya. Lakukan penyiraman dua kali sehari. Selain itu, lakukan juga penyiangan gulma dan gulma yang tumbuh di sekitar tanaman. Disarankan juga untuk melakukan pemupukan kembali dengan menggunakan pupuk organik agar dapat menambah unsur hara di dalam tanah dan membuat tanaman pepaya California menjadi sehat dan segar.

Proses Panen

Yang terakhir adalah panen. Tahapan ini bisa Anda lakukan jika tanaman pepaya California sudah mencapai umur sekitar 8 bulan setelah masa tanam. Atau bisa juga saat buah sudah mencapai ukuran maksimal dan matang. Anda dapat langsung memilih dengan hati-hati. Masukkan ke dalam wadah dan urutkan berdasarkan ukuran buah.

Nah, itulah langkah-langkah budidaya California. Bagi Anda yang tertarik untuk membudidayakan pepaya California, Anda bisa mencoba beberapa langkah yang sudah diulas di atas. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Artikel Terkait