Cara Mengatasi Burung Kenari Over Birahi Saat Lomba

admin

Cara mengatasi burung kenari over birahi. Mulai dari tips dan trik cara mengatasi kenari birahi saat lomba, ciri kenari over birahi dan juga cara mengatasi over birahi (OB) kenari itu sendiri. Salah satu masalah yang umum dan sering timbul menjadi momok bagi para kenari mania. Adalah burung kenari yang terlalu Over Birahi. Hal ini bisa mengganggu terutama pada burung kenari yang dilombakan. Dalam artikel kali ini saya akan berbagi “tips dan trik cara mengatasi burung kenari OB “.

Memiliki burung kenari yang over birahi tentunya sanagt menyebalkan , tidak perduli apakah itu sedang berada digantang atau tempat lomba maupun di rumah. Namun dalam beberapa kasus, burung yang mengalami over birahi seringkali nabrak jeruji tangkringan atau naik-turun dari tangkringa satu ke yang lain. selain banyak ciri-ciri kenari “Over Birahi” yaitu sang Kenari membuka sayapnya dan mengeluarkan bunyi “nyricit atau ngecir” yang bertujuan untuk menari simpati kenari betina atau pingin kawin.

Perawatan Burung Kenari

Kondisi burung yang mengalami over birahi sangat tidak menguntungkan. Hal ini berdampak dari kondisi burung justru sering menjadi galak dan sangat agresif, sehingga tenaganya cepat terkuras, sehingga mengakibatkan burung jadi tidak dapat konsentrasi untuk mengeluarkan suara terbaik yang dimilikinya. Dan alhasil kenari yang kita ikut sertakan dalam lomba atau gantangaan tidak mendapan respon dan nilai dari juri maupun tidak dapat bendera satu pun. Sebetulnya over birahi yang terjadi pada burung kenari bisa kita atasi dari cara perawatan setiap hari atau perawatan saat berada di gantangan/lomba.

  1. Kurangi porsi pemberian pakan biji-bijiannya pada burung kenari anda
  2. Anda bisa memeberikan buah ketimun dan buah pir secara rutin dan bergantian setiap harinya.
  3. Kurangilah makanan yang bisa membuat kondisi birahi kenari semakin tinggi contohnya buah apel, telur rebus, egg food, atau kroto.
  4. Kurangi waktu penjemuran dari yang biasanya dilakukan.
  5. Tambahlah jatah mandi burung kenari anda tersebut menjadi 3x sehari, jangan lupa campurkan shampoo Jati Jajar yang mengandung Aloevera.
  6. Cara alternative merawat burung yang memiliki over birahi adalah dengan mengawinkan burung kenari tersebut dengan burung betina. Yaitu dengan memasukkan kenari yang mengalami over birahi tersebut ke sangkar dihuni betina siap kawin sampai terlihat si jantan tersebut mengawini betina tersebut.
  7. Lalu setelah kenari jantan beres melakukan perkawinan, maka kenari jantan yang mengalami over birahi langsung di cabut atau diambil dari sangkar betina dan dijauhkan jangan sampai melihat atau mendengar suara betina lagi.
  8. Lakukan hal diatas berulang kali keesokan harinya . Pantau terus apakah si jantan sudah tidak over birahi lagi atau tidak.
VIRAL:  Cara Pemasteran Pleci Yang Benar Cepat Ngisi

Menurut penulis sendiri, melakukan hal tersebut dengan telaten akan mengurangi bahkan mampu membuat nafsu birahi burung kenari tersebut menjadi lebih ideal dan sesuai batas normal burung kenari.

Demikian artikel kami yang membahas tentang “Cara mengatasi burung kenari yang over birahi” sekian dari kami. Terima kasih semoga bermanfaat!

Artikel Terkait