Cara Mengatasi Pleci Suka Salto

admin

Tips dan cara mengatasi burung pleci salto atau jungkir balik dengan terapi alami. Kebiasan burung pleci yang suka salto terkadang terlihat sangat mengganggu khususnya bagi kita yang memeliharanya. Akan terkesan seperti burung yang giras dan belum mapan. Untuk mengatasi burung kacamata yang suka salto memang bisa dikatakan tidak mudah dan membutuhkan waktu yang relatif lama. Kita sebagai pemelihara harus mampu mengetahui mengapa sang burung bisa suka salto, apakah karena tangkringan dengan ukuran dan penempatannya yang salah atau karena sangkarnya yang terlalu luas atau bahkan terlalu sempit. Atau yang lebih parah lagi sang burung pleci tengah berada dalam kondisi stress karena terganggu oleh hewan lain dan sebagainya. Salto pada burung pleci juga mengganggu pada saat penilaian lomba dan juga menghambat kerja burung pleci anda saat buka paruh atau ngerol.

Memang banyak sekali alasan yang melatar belakangi mengapa burung pleci menjadi salto karena setiap burung memiliki karakter yang berbeda-beda maka pilihlah bakalan pleci yang bagus. Nah dalam artikel berikut ini kami ingin berbagi tips mengenai Cara Mengatasi Pleci Salto Dengan Mudah dan Cepat.

Cara Mengatasi Pleci Salto Dengan Mudah dan Cepat

  1. Pencegahan yang dapat dilakukan pada burung pleci yang suka salto karena mengalami stress adalah dengan menutup sangkar pada bagian atas ketika kita mendapatkan burung baru, terlebih jika kita ingin melatih burung agar lebih jinak.
  2. Letakkan burung pleci yang suka salto pada sangkar yang cukup luas agar mereka lupa dengan kebiasaan salto yang sering dilakukannya. Anda bisa memilih tempat sangkar di dekat suara gemericik air karena burung pleci akan merasa lebih nyaman dan damai.
  3. Burung dengan kebiasaan suka menarik kebelakang kepalanya dan mendongak hingga hampir terjatuh akan mendorongnya untuk melakukan salto agar tubuhnya menjadi seimbang. Hal ini disebabkan oleh kurangnya asupan mineral magnesium (Mg). Untuk itu berilah asupan mineral yang cukup agar sang burung tidak lagi kekurangan mineral yang mampu berakibat fatal bagi kesehatannya.
  4. Berilah karet gelang pada bagian atas tangkringan burung pleci kesayangan anda agar saat dia melakukan salto dia mengenai karet tersebut dan menjadi jera hingga kapok dengan aktifitas saltonya.
  5. Kebiasaan salto yang dilakukan oleh burung pleci bisa saja terjadi karena ukuran tangkringan yang tidak pas untuk itu anda bisa mengubah ukuran tangkringan burung pleci dengan ukuran yang pas untuk genggamannya.
  6. Ubahlah posisi tangkringan burung agar burung pleci misalnya dengan memasang 1 tangkringan di bagian atas dan 2 tangkringan di bagian bawah pada posisi yang sejajar.
  7. Biasakan untuk memandikan burung dengan menyemprotkannya dari arah atas bukan dari arah samping.
VIRAL:  Cara Jitu Membedakan Pleci Jantan dan Pleci Betina

Demikian beberapa tips cara mengatasi burung pleci yang suka salto.

Burung pleci yang memiliki kebiasaan suka salto biasanya mesih belum merasa nyaman dan mapan pada sangkar di lingkungan barunya, untuk itu buatlah lingkungan yang senyaman mungkin agar sang burung menjadi terkendali misalnya dengan meletakkan sangkar pada tempat yang sejuk dan sepi. Semoga bermanfaat!

Artikel Terkait