Cek Daftar Penerima BLT UMKM Tahun 2022

admin

Bantuan Langsung Tunai (BLT) bagi pelaku UMKM akan terus disalurkan pemerintah pada 2022. BLT UMKM ditawarkan melalui program Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM). Mengacu pada rencana penyaluran BLT UMKM tahun lalu, besaran bantuan yang akan diberikan sebesar Rp600.000,00.

BLT UMKM bertujuan untuk menjangkau sekitar 2,76 juta pelaku UMKM di Indonesia pada tahun 2022. Rencananya BLT UMKM ini nantinya disalurkan melalui Bank BRI. Pemilihan BRI tentu karena bank ini hampir menjangkau seluruh kecamatan dna kota di Indonesia. Lalu bagaimana cara verifikasi UMKM agar dapat bantuan BLT?

Cara verifikasi UMKM penerima BLT

  1. Klik tautan https://eform.bri.co.id/bpum;
  2. Kemudian masukkan nomor ID Anda.
  3. Masukkan nomor otorisasi Anda;
  4. Kemudian klik Proses inquiri.

Selanjutnya, setelah menyelesaikan proses verifikasi, Anda akan diberi tahu jika Anda adalah penerima BPUM. Jika tidak memenuhi persyaratan pun, Anda tetap akan memeroleh berita konfirmasi.

Syarat menjadi penerima BLT UMKM

  1. Warga negara Indonesia;
  2. Anda harus memiliki KTP elektronik.
  3. Memiliki usaha kecil, dibuktikan dengan usulan calon penerima manfaat BPUM dari pemrakarsa BPUM, dengan lampiran yang merupakan bagian yang tidak terpisahkan.
  4. Bukan anggota organisasi sipil nasional, TNI/Polri, atau pegawai BUMN atau BUMD.

Cara Mencairkan BLT UMKM

Tahun lalu, bantuan UMKM bisa disalurkan setelah masyarakat umum menerima pesan atau informasi telepon dari bank BUMN, bank BUMD, atau PT Pos Indonesia. Bagi penerima manfaat yang belum memiliki rekening di bank penyalur, akan dibuatkan rekening baru di bank penyalur. Penerima dapat menarik dana BPUM dengan mengunjungi lembaga penyalur dan harus membawa dokumen sebagai berikut:

  • KTP Elektronik;
  • Fotokopi NIB atau SKU;
  • Kartu Keluarga (KK).

Penerima BLT wajib menegaskan dan menandatangani bukti tanggung jawab mutlak UMKM Penerima BLT. Kemudian, penerima harus memverifikasi dokumen dan data terlebih dahulu.

VIRAL:  Cara Dan Tips Lolos Seleksi Daftar Kartu Prakerja

Cara mencairkan BLT UMKM tanpa antrian

Masih mengacu pada aturan tahun lalu, penerima bantuan UMKM dapat melakukan pembayaran dan verifikasi dana dengan melakukan reservasi online melalui BRI pada Formulir Sistem Reservasi. Penerima dapat membuat sistem reservasi untuk mengosongkan kuota antrian sehingga memudahkan penerima dalam membelanjakan dananya.

  • Pelanggan mengakses eform.bri.co.id/bpum.
  • Jika pelanggan memenuhi persyaratan dan memenuhi syarat untuk menerima BPUM, mereka akan diarahkan ke halaman reservasi.
  • Jika tidak, Anda tidak akan diarahkan ke halaman pemesanan.
  • Pelanggan mengisi kolom yang tersedia seperti nomor ID, menu lokal, kota, kabupaten, unit kerja, dan jadwal antrian.
  • Kemudian isi dan masukkan kode verifikasi Anda dan akan muncul nomor referensi.
  • Nomor referensi adalah wajib.
  • Pelanggan juga datang ke UKO sesuai jadwal yang mereka pilih, dan jika Anda melewatkannya, Anda harus memesan lagi dari awal.

Itulah cara mendaftar BLT UMKM tahun 2022 dan juga cara mencairkan BLT UMKM dengan mudah. Semoga artikel ini bermanfat bagi Anda khususnya yang sedang mendaftar sebagai penerima BLT UMKM.

Artikel Terkait