Ide Bisnis Sampingan Untuk Karyawan Swasta

admin

Bisnis usaha sampingan untuk karyawan swasta yang bagus dan yang cocok itu apa ya? Pertanyaan semacam ini tentunya sering muncul dibenak para karyawan yang ingin menambah penghasilan dari buka usaha sampingan.

Sebenarnya kondisi ekonomi karyawan bisa dikatakan sudah berada di zona nyaman. Karena sudah dapat penghasilan pasti tanpa harus bersepekulasi seperti halnya pelaku usaha wira swasta yang setiap harinya mesti bersepekulasi dengan penghasilannya.

Namun karena kebutuhan hidup yang semakin meningkat dan juga karena gaya hidup yang harus mengikuti perkembangan zaman sehingga penghasilan yang seharusnya cukup jika hanya untuk memenuhi kebutuhan pokok menjadi tidak cukup karena terlalu banyaknya kebutuhan lainnya.

Sehingga banyak pekerja karyawan swasta yang membuka usaha sampingan usaha rumahan atau jenis usaha modal kecil yang cocok atau bisa dijalankan sembari bekerja sebagai karyawan swasta.

Memang banyaknya karyawan swasta yang menjalankan usaha sampingan faktornya bukan hanya karena terhimpit kebutuhan hidup semata, namun ada juga yang membuka usaha sampingan karena memang ingin berbisnis atau untuk mengembangkan usaha sendiri sebagai persiapan nanti kalau sewaktu-waktu sudah tidak bekerja sebagai karyawan maka sudah punya pegangan pekerjaan sendiri.

Lain orang memang lain kepala, lain pula pendapat dan prinsipnya. Ada orang yang tidak suka bekerja sebagai karyawan dengan alasan waktunya menjadi terikat, selalu ditekan, dan sebagainya.

Orang seperti ini biasanya punya prinsip “ Lebih baik menjadi kepala ayam daripada menjadi ekornya gajah “. Maksudnya lebih baik menjadi bos dari usaha kecilnya sendiri daripada menjadi buruh walaupun diperusahaan besar.

Namun ada yang tidak suka berwira usaha dan memilih menjadi karyawan dengan alasan menjadi karyawan kondisi ekonominya terjamin karena punya penghasilan tetap ditambah lagi dengan berbagai tunjangan lainnya yang tidak bias didapatkan di dunia wirausaha sendiri.

VIRAL:  Analisis Peluang Usaha Budidaya Lebah Madu

Yah, macam-macamlah pendapat orang. Silahkan anda tekuni jalan usaha mana yang anda suka, yang terpenting terus semangat bekerja dan tidak bermalas-malasan.

Usaha Sampingan Karyawan Swasta

Lalu usaha sampingan apa yang cocok untuk karyawan swasta ?
Banyak sih ya, tergantung dengan hobi dan bisnis yang cenderung lebih disukainya. Oke, untuk lebih jelasnya mari kita lihat berbagai bisnis usaha sampingan untuk karyawan swasta.

Membuka toko kelontong

Membuka usaha toko kelontong ditumah bias menjadi pilhan alternatif usaha sampingan karyawan. Kenapa? karena bisa dijalankan di rumah dan tidak memerlukan keterampilan khusus. Yang penting punya tekad bisnis yang kuat dan punya modal untuk memulainya. Untuk modal tentu bisa disesuaikan.

Jika anda punya modal pas-pasan tentu yang bagus adalah dengan membeli barang dagangan yang walaupun jumlahnya sedikit namun ragamnya banyak. Begitu barangnya habis langsung dibelikan lagi dan begitu seterusnya.

Namun untuk menjalankan usaha toko kelontong tentunya agar cepat berkembang harus selalu on time bukanya. Jadi harus ada yang menunggui agar tokonya selalu buka setiap saat. Dalam hal ini anda bisa memilih pasangan atau sanak family anda untuk menunggui toko anda dikala anda sedang bekerja diluar rumah.

Keuntungan dari usaha toko kelontong memang sangat kecil, namun walaupun keuntungannya kecil jika jumlahnya banyak tentu menjadi besar.

Ternak Burung Kicau

Jika anda hobi melihara burung, maka jadikan hobi anda itu sebagai usaha sampingan. Seperti yang kita tahu, bahwasannya burung kicau harganya masih lumayan mahal dipasaran. Terutama burung murai batu, sepasang anakannya saja harganya masih jutaan.

Jika burung semacam ini diternakkan tentu bisa memberikan penghasilan yang lumayan. Banyak sekali beragam burung kicau yang bisa anda ternakkan. Misalnya ternak burung kenari, ternak burung lovebird, atau ternak burung petelur seperti burung puyuh.

VIRAL:  Peluang Usaha Sampingan Bisnis Ternak Kambing Aqiqah

Jadi cara terbaik untuk memilih usaha sampingan adalah dari hal-hal yang menjadi kesukaan kita lalu kita jalankan itu sebagai bisnis usaha sampingan.

Budidaya Ikan

Budidaya ikan juga bisa menjadi pilihan akternatif untuk menekuni usaha sampingan sebagai karyawan. Banyak ikan yang bisa anda budidayakan misalnya budidaya ikan lele, budidaya ikan gurame dan sebagainya.

Misalnya anda lebih memilih budidaya ikan gurame, maka anda harus punya siasat untuk memacu pembesaran dan memperberat bobot ikan gurame agar masa panennya lebih cepat dan bobotnya lebih berat.

Menjalankan Bisnis Online

Kata bisnis online saat ini memang sudah tidak asing lagi bagi yang suka berinternet ria. Namun belum banyak yang mencoba menekuninya. Bisnis online sangat cocok untuk dijalankan oleh seoarang karyawan swasta.

Ada banyak cara untuk mendapatkan uang dari bisnis online, misalnya dengan mebuat blog dan mengoptimalkannya lau blog anda pasang iklan, maka anda bisa mendapatkan penghasilan dari bisnis online.

Atau anda lebih suka jualan, maka anda bisa membuat sebuah toko online atau fans page di facebook utuk jualan. Bagi anda yang masih awam tentang bisnis online, maka anda bisa menyimaknya di peluang bisnis online gratis tanpa modal.

Nah itulah beberapa bisnis usaha sampingan untuk karyawan swasta yang bisa anda jadikan inspirasi. Tentunya masih buanyak banget jenis-jenis usaha sampingan yang cocok untuk karyawan. Jadi silahkan kunjungi terus blog peluang usaha rumahan ini, agar anda bisa menemukan ide usaha yang sesuai dengan minat anda, demikian artikel singkat saya, semoga berguna.

Artikel Terkait