Inilah 4 Syarat Naik Kereta Jarak Jauh Tanpa PCR

admin

Syarat naik kereta jarak jauh tanpa perlu tes PCR. Mulai Rabu, 9 Maret 2022, calon penumpang KA jarak jauh tidak perlu lagi melampirkan tes antigen dan hasil RT-PCR. Aturan ini tertuang dalam Surat Edaran (SE) 2022 Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Nomor 11 tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri Di Masa Pandemi COVID-19.

Namun, penting untuk diketahui bahwa selama pandemi, tidak semua orang bisa naik kereta jarak jauh tanpa tes antigen dan RT-PCR. Pasalnya, ada seperangkat syarat yang harus dipenuhi untuk naik kereta api, salah satunya calon penumpang sudah divaksinasi lengkap minimal dosis kedua.

Peraturan ini telah disesuaikan dengan SE Kementerian Perhubungan Nomor 25 Tahun 2022 tentang Pedoman Penyelenggaraan Perjalanan Domestik Dengan Kereta Api Selama Pandemi COVID-19 pada 8 Maret 2022.

Syarat Naik Kereta Tanpa PCR

Berawal dari itu, ada empat syarat yang memungkinkan calon penumpang naik kereta api jarak jauh tanpa tes antigen dan PCR yang perlu diketahui. Aapa saja syarat tersebut? Yuk simak penjelasan berikut!

  1. Penumpang telah memiliki setidaknya vaksinasi kedua Covid-19.
  2. Penumpang yang belum atau belum divaksinasi COVID-19 karena alasan medis (diverifikasi dengan surat keterangan yang dikeluarkan oleh rumah sakit pemerintah).
  3. Penumpang yang pernah, belum divaksinasi atau belum divaksinasi karena alasan medis wajib melampirkan hasil Rapid Test Antigen negatif sampai dengan 1×24 jam atau RT-PCR 3×24 atau beberapa jam sebelum jadwal keberangkatan.
  4. Penumpang di bawah usia 6 tahun harus didampingi oleh orang tua dan mematuhi peraturan kesehatan yang ketat.

Lalu apa saja syarat naik kereta lokal?

1. Perumpang yang naik naik kereta api lokal harus menerima setidaknya dosis pertama vaksin Covid-19, kecuali untuk anak-anak di bawah usia 6 tahun.

VIRAL:  Download Jadwal Imsakiyah Ramadhan Seluruh Indonesia Tahun 2022

2. Tidak perlu menunjukkan hasil negatif dalam tes antigen atau tes RT-PCR.

Aturan lainnya, penumpang yang dinyatakan positif COVID-19 dalam 14 hari terakhir tidak diperkenankan naik kereta. Tak hanya itu, penumpang yang masih belum bisa naik kereta meski sudah divaksinasi lengkap, jadi lebih baik dibatalkan saja tiketnya. Dari ulasan di atas, tentunya melengkapi satu dosis vaksin sangat menguntungkan karena tidak ada biaya tambahan untuk antigen dan RT-PCR.

Juga, bagi Anda yang akan melakukan perjalanan dan menjadi penumpang kereta api jarak jauh, tetap jaga kesehatan dan kebersihan. Jadi, buat yang belum divaksin, yuk segera dapatkan vaksin COVID-19.

Ki beberapa LSM juga sangat giat memfasilitasi pelaksanaan vaksin sampai ke pelosok daerah. Umumnya mereka bekerja sama dengan tenaga kesehatan setempat. Pastikan juga bahwa sebelum menerima dosis vaksin, secara durasi waktu memang sudah layak.

Artikel Terkait