Jenis dan Macam Burung Pleci di Indonesia

admin

Jenis, ragam dan macam-macam burung pleci, dengan adanya banyak jenis burung pleci yang ada di penjuru negeri menjadikan para penggemar burung merasa kebingungan.

Jenis, ragam dan macam-macam burung pleci atau burung kaca mata, dengan adanya banyak jenis burung pleci yang ada di penjuru negeri menjadikan para penggemar burung merasa lebih puas karena mereka dapat memilih jenis burung sesuai dengan keinginan hati mereka. Pleci merupakan salah satu jenis burung kicau yang hingga saat ini memiliki banyak peminat khususnya di wilayah Indonesia. Ini terbukti dengan semakin meningkatnya jumlah penggemar yang tergabung dalam sebuah komunitas pleci mania atau istilah kerennya Pleman.

Hal ini memang wajar terjadi mengingat burung pleci memiliki suara yang merdu serta tubuh yang indah. Burung unik ini pun juga terdiri dari berbagai jenis yang kerap kali mewarnai berbagai event perlombaan burung pleci di tanah air. Nah bagi anda yang belum tahu mengenai jenis burung pleci dengan segala keindahannya, berikut ini kami akan memberikan informasi mengenai jenis burung pleci yang wajib anda ketahui.

6 Jenis Pleci Yang tersebar di Seluruh Wilayah Indonesia

1. Pleci Dakun Maput

Pleci Dakun Mata Putih atau pleci dada kuning mata putih yang berasal dari gunung muria kudus ini merupakan jenis burung kicau yang bisa dikatatakan paling istimewa, karena burung ini memiliki kelebihan suara yang sangat lantang jika dibandingkan dengan jenis pleci lainnya. Burung kacamata yang satu ini juga populer dengan nama Muria dan Kudus yang biasanya dijual dengan harga yang cukup mahal karena keahliannya dalam bertarung.

2. Pleci Buxtoni

Pleci Buxtoni merupakan jenis pleci dengan ukuran tubuh yang kecil, suara yang jernih mengkristal dan dada berwarna abu-abu. Jenis burung pleci ini dapat dengan mudah ditemukan di berbagai pasar unggas yang ada di Jabar. Ciri yang paling mencolok dari jenis burung pleci buxtoni ini adalah lingkar matanya yang tipis, iris mata yang berwarna coklat serta punggung yang cenderung gelap.

VIRAL:  Jenis-Jenis Burung Cucak Ijo

3. Pleci Auriventer

Pleci Auriventer berbeda dengan pleci sejenisnya, burung kacamata ini dinilai sebagai burung kicau yang agresif dan memiliki suara ngebass. Karena keberadaannya yang jarang ditemukan, menjadikan burung pleci jenis auriventer memiliki harga yang cukup mahal di pasaran. Burung pleci ini memiliki dada berwarna keunguan, badan yang lebih panjang dari pleci dakun dan iris mata berwarna coklat.

4. Pleci Dakun Macok

Pleci dada kuning mata coklat atau pleci dakun macok menjadi salah satu jenis pleci yang paling banyak dipelihara oleh para penggemar burung pleci. Burung pleci ini menjdai favorit para pleman karena suaranya yang keras dan jernih. Burung kacamata ini memiliki iris mata berwarna coklat, dada berwarna kuning, dan punggung berwarna hijau kekuningan.

5. Pleci Salvadori Enggano

Pleci Salvadori Enggano. Burung kacamata jenis ini memiliki suara yang lantang dan keras. Pleci Salvadori Enggano ini memiliki ukuran badan yang cukup besar dengan warna punggung yang agak kekuningan, dada berwarna abu-abu gelap dan juga kepala yang agak kehitaman.

6. Pleci Montanus

Pleci Montanus biasanya mempunyai sebuah ciri -ciri yang berbeda dengan burung pleci lainnya, seperti Pleci Auri dan Buxtoni. Burung Pleci Montanus mempunyai sebuah suara kristal yang terdengar agak lebih kasar, dan pada bagian warna perut, burung Motanus ini memiliki warna keabu-abuan. Untuk bagian tubuhnya mempunyai warna bewarna kecoklatan. Berbeda bengan pleci macok, pleci monty atau montanus ini mempunyai iris mata berwarna putih.

Demikian ulasan mengenai beberapa jenis burung pleci yang ada di tanah air. Kami sarankan juga untuk Memilih Pleci Bakalan Yang Bagus Sekarang anda bisa memilih jenis burung mana yang sesuai dengan hati anda, karena memiliki burung kicau yang sesuai dengan keinginan hati kita akan menjadi salah satu kepuasan tersendiri terutama saat kita bisa merawat dan memeliharanya. Semoga bermanfaat!

VIRAL:  Ciri-Ciri Burung Love Bird Betina

Artikel Terkait