Panduan Lengkap Budidaya Buncis Untuk Pemula

admin

Buncis, merupakan salah satu jenis sayuran yang sangat populer di kalangan pecinta masakan Indonesia. Tanaman ini masih satu famili dengan kacang panjang. Selain itu, bentuknya juga sekilas menyerupai kacang panjang karena masih satu keluarga. Kacang ini banyak diolah dan dijadikan sebagai bahan makanan yang enak dan banyak digemari.

Kacang-kacangan juga termasuk dalam kelompok sayuran yang memiliki kadar vitamin dan mineral yang tinggi di dalamnya. Hal ini membuat buncis baik untuk dikonsumsi. Tingginya permintaan buncis di pasaran menjadikan budidaya buncis sebagai peluang bisnis yang menguntungkan. Anda dapat mulai membudidayakan buncis untuk mendapatkan keuntungan. Bagi anda yang tertarik mencoba membudidayakan buncis, berikut kami sajikan panduan lengkapnya di bawah ini.

Panduan Budidaya Kacang

Mempersiapkan Lahan

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan saat membudidayakan kacang panjang adalah menyiapkan lahan tanam. Anda dapat menggemburkan tanah dengan mencangkul dan membajaknya. Hal ini agar areal tanam dapat dengan mudah ditanami bibit buncis nantinya. Selain itu, campur juga pupuk organik pada lahan yang akan ditanami untuk menyuburkan lahan tanam yang akan digunakan.

Mempersiapkan Biji Kacang

Langkah kedua adalah menyiapkan biji buncis. Anda dapat menyiapkan biji buncis dengan memilih varietas buncis hibrida. Pilih benih yang termasuk dalam kategori unggulan. Selain itu kamu bisa membelinya di toko pertanian terdekat. Pilih jenis kacang-kacangan yang khusus ditanam untuk daerah dataran rendah. Selain itu, pastikan tanggal kadaluarsa benih agar tidak salah membeli benih yang sudah kadaluarsa.

Menanam Kacang

Langkah ketiga adalah melakukan proses penanaman. Anda bisa membuat lubang tanam dengan jarak 40 x 40 cm dengan kedalaman sekitar 5-10 cm. beri larutan NPK dengan takaran 1 g/liter air yang telah dicampur insektisida. Setelah itu masukkan adonan ke dalam lubang yang sudah dibuat. Jangan lupa untuk membuat patok setinggi 2 m untuk perbanyakan tanaman nanti.

VIRAL:  Panduan Budidaya Cabe Rawit Hingga Sukses

Perawatan Kacang

Langkah keempat adalah proses pengobatan. Proses ini dapat melalui beberapa tahap. Anda bisa melakukan pemupukan ulang untuk tahap pertama proses pengobatan. Berikan pupuk yang mengandung unsur kalium dan fosfat yang baik untuk tanaman kacang panjang. Tahap kedua adalah Anda perlu melakukan penyiangan terhadap hama dan gulma seperti tanaman liar.

Memanen Kacang

Tahap terakhir adalah proses pemanenan. Anda bisa memanen buncis saat tanaman buncis mencapai umur 2 bulan sejak tanam. Proses panen buncis agak mirip dengan kacang panjang. Anda bisa memanen setiap hari dengan memetik langsung bijinya di tanaman dengan tangan.

Nah, itulah tadi panduan lengkapnya bagi anda yang tertarik membudidayakan buncis. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Artikel Terkait