Panduan Lengkap Budidaya Udang Air Tawar di Akuarium

admin

Caridea atau lebih sering disebut dengan Udang Air Tawar adalah jenis hewan air yang biasanya hidup di sungai, danau, atau bahkan daerah rawa. Udang air tawar sangat populer di Indonesia. Jenis hewani ini merupakan salah satu sumber protein terbaik untuk dikonsumsi. Hal ini dikarenakan Udang Air Tawar memiliki kandungan gizi yang tinggi dan juga kadar kolesterol yang rendah sehingga sangat baik untuk kesehatan.

Saat ini Udang Air Tawar sudah mulai diminati oleh masyarakat yang sadar akan kesehatan, sehingga tentunya bisa anda manfaatkan untuk mendapatkan keuntungan dengan memulai usaha budidaya lobster air tawar. Apalagi peluang usaha Udang Air Tawar masih terbuka lebar dan juga memiliki harga yang relatif mahal, yakni bisa mencapai 150 ribu hingga 200 ribu rupiah per kilogram. Ternak Udang Air Tawar juga cukup mudah dan bisa anda lakukan di lahan terbatas bahkan di akuarium, jika anda penasaran maka simak ulasan lengkapnya dibawah ini.

Ternak Udang Air Tawar

Persiapan Media Budidaya

Sebelum memulai usaha ternak Udang Air Tawar, tentunya harus mempersiapkan terlebih dahulu media atau tempat budidayanya. Anda bisa memilih akuarium dengan kaca tebal agar tidak mudah pecah.

Pemilihan Bibit Udang Air Tawar

Tahapan kedua yang harus anda lakukan dalam usaha budidaya Udang Air Tawar adalah memilih bibit, tentunya anda harus memilih bibit yang berkualitas dengan ciri gerak yang lincah dan tidak terdapat luka di tubuhnya. Perlu Anda ketahui bahwa udang jantan memiliki tanda merah di bagian luar cakarnya, sedangkan udang cakar betina memiliki warna biru polos.

Memberi makan

Agar Udang Air Tawar cepat tumbuh maka harus memberikan pakan yang baik, pakan untuk Udang Air Tawar dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu pakan alami dan pakan buatan. Pakan alami umumnya dibudidayakan oleh petani sendiri dan biasanya berupa spirulina, jentik nyamuk, dan cacing rambut, sedangkan pakan buatan berupa pelet dengan kandungan protein tinggi.

VIRAL:  Ide Bisnis Makanan Yang Banyak Dicari Pembeli

Pemeliharaan Udang Air Tawar

Proses pemeliharaan sangat penting untuk Anda perhatikan karena sangat mempengaruhi keberhasilan usaha peternakan. Anda bisa mengecek kualitas air dan menggantinya secara rutin dengan frekuensi 2 sampai 3 minggu sekali agar lobster terhindar dari penyakit, selain itu anda juga bisa memberikan pemanas saat cuaca dingin karena Udang Air Tawar sangat sensitif terhadap suhu air.

Proses Panen Udang Air Tawar

Proses pemanenan Udang Air Tawar dapat anda lakukan setelah jangka waktu 6 bulan terhitung dari waktu penyemaian, waktu panen yang paling baik adalah pada sore atau pagi hari dimana suhu tidak terlalu panas. Anda bisa mengurangi air tambak hingga 2 cm dan berlindung untuk mempermudah proses pemanenan, setelah itu Anda bisa meletakkan beberapa kotak wadah di pinggir kolam.

Udang Air Tawar merupakan salah satu sumber protein yang saat ini mulai diminati oleh masyarakat, anda bisa membudidayakan Udang Air Tawar dengan beberapa cara diatas. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait