Peluang Usaha Sampingan Bisnis Ternak Kambing Aqiqah

admin

Peluang Usaha Sampingan Bisnis Ternak Kambing Aqiqah – Beternak kambing memang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia, namun kebanyakan peternak kambing membudidayakannya secara tradisional. Namun siapa sangka, ternyata ternak kambing jika dilakukan secara intensif bisa dijadikan sebagai sumber rupiah yang menggiurkan. Bahkan bagi peternak kambing intensif bisa meraup omset hingga ratusan juta rupiah perbulan.

Dengan omset sebesar itu apakah anda tidak tertarik untuk terjun ke bisnis ini? Banyak lo konsumen yang memerlukan kambing dadakan seperti kambing untuk acara Aqiqah, kambing untuk warung sate dan kambing untuk pembibitan.

Peluang usaha bisnis ternak kambing ini masih terbuka lebar, sebab daging pasokan daging kambing dipasaran masih tidak seimbang dengan besarnya permintaan. Maka tak jarang peternak kambing yang masih kwalahan melayani permintaan konsumen.

Pada postingan kali ini kita akan coba bahas tentang peluang usaha sampingan bisnis ternak kambing Aqiqah. Ya, namanya juga ternak kambing tentu saja tidak lepas dari yang namanya ( Ngarit ) atau mencari rumput maupun dedaunan segar untuk pakan kambing. Mendengar kata Ngarit yang terbayang pasti panas, ribet dan terkadang pusing juga cari rumptnya he..he..he.

Bukan hanya itu aja, kalau mau terjun ke dunia ternak kambing, tentu harus rela berteman dengan yang namanya kotor dan bau.

Namun justru di situlah tantangan untuk bisa menghasilkan omset hingga ratusan juta Rupiah dari ternak kambing Aqiqah ini. Bisnis ternak kambing juga sering dianggap sebagai bisnis pinggiran yang kurang bergengsi untuk jaman sekarang. Sehingga perlu persiapan mental untuk menjalankannya. Namun itu semua bisa diatasi dengan semangat belajar yang tinggi dan semangat untuk mendirikan usaha yang sukses. Satu hal yang terpenting dalam mendirikan peluang usaha baru adalah, mau belajar.

VIRAL:  Panduan Menanam Sayur Genjer Hingga Panen

Rumput yang disukai oleh kambing terutama kambing gibas (yang bulunya putih keriting) adalah rumput yang masih hijau dan segar. Dan juga hindari rumput yang berduri sebab bisa mengakibatkan mulut kambing terluka, jika mulut kambing terluka, maka kambing tidak laku dijual atau harganya bisa turun drastis.

Ada tiga jenis ternak kambing aqiqah yang bisa dijalankan.

  • Pembibitan kambing
  • Penggemukan kambing
  • Beli langsung jual

Untuk bisnis kambing Aqiqah kebanyakan beli kambing yang sudah siap sembelih untuk target dua minggu atau satu bulan kambing sudah bisa terjual. Kalau dari pembibitan masa panennya bisa memakan waktu hingga setahun sehingga banyak peternak kambing yang enggan melakukannya.

Penghasilan tambahan dari bisnis kambing Aqiqah adalah ongkos penyembelihan dan pengulitan, sehingga kita bisa jual sendiri kulitnya. Namun dalam hal menguliti kambing musti hati-hati melakukannya. Sebab jika kulit kambing sampai bolong atau robek tergores pisau harganya bisa turun drastis. Sebab kulit kambing kebanyakan digunakan untuk kerajinan seperti alat musik seperti rebana, kendang dan sebagainya. Baca juga : Analisa Usaha Ternak Ayam Kampung Asli Secara Intensif.

Selain itu, bisnis ternak kambing Aqiqah ini juga bisa menawarkan pundi-pundi Rupiah lainnya seperti jasa pemasakannya hingga siap saji sehinga penghasilan yang kita peroleh bisa berlipat. Menu masakan yang bisa ditawarkan dalam bisnis kambing Aqiqah ini adalah, sate, gulai, atau semur daging. Masakan yang kita tawarkan juga sebaiknya menggunakan sistem siap antar, sehingga praktis dan pembeli tinggal pesan.

Namun hal-hal yang perlu diperhatikan dalam jasa siap antar masakan Aqiqah ini adalah kualitas rasa dan ketepatan waktu pengantarannya. Sebab jika terlambat kirim, akan merugikan konsumen sehingga tidak jarang konsumen komplain atau bahakan tidak mau membayar.

VIRAL:  Analisis Usaha Pembuatan Aksesoris Wanita Korea

Pasar kambing akan mencapai puncaknya dan omset penjualannya bisa puluhan kali lipat ketika menjelang hari raya Qurban.

Tips memilih kambing aqiqah

Pada waktu beli kambing sebaiknya ditimbang dulu bobotnya agar kita bisa mengukur perkembangannya. Berikut ini tips membeli kambing yang bagus.

  • Kambing harus sehat, caranya bisa dilihat dari matanya, jika matanya buram berarti kambing tidak sehat.
  • Lihat mulutnya, jika terdapat luka, jangan dibeli
  • Pastikan juga kakinya nggak ada luka dan bisa berjalan dengan baik
  • Ketebalan dagingnya perlu dicermati, caranya pegang tulang belakangnya, maka kita akan bisa merasakan yang dagingnya tebal dan tipis.

Persiapan usaha kambing aqiqah

Hal-hal yang perlu disiapkan untuk usaha bisnis kambing aqiqah atau kambing qurban adalah :

  • Modal untuk beli kambing minimal 25 ekor
  • Modal untuk sewa lahan kandang
  • Modal untuk transportasi
  • Modal untuk Telpon dan Listrik
  • Dan Modal untuk masak

Total modal yang perlu dipersiapkan adalah sekitar Rp. 30 hingga 40 juta. Itu sudah bisa mencakup semuanya. Harga jual kambing bisa naik turun. Namun ukuran standartnya rata-rata adalah satu hingga tiga juta Rupiah perekornya.

Nah, bagaimana dengan anda, tertarik untuk mendapatkan omset hingga ratusa juta Rupiah dari usaha bisnis ternak kambing Aqiqah ini?

Artikel Terkait