Tips Mengatasi Bunyi Gredek Pada CVT Motor Matik

admin

Munculnya bunyi mendecit menjadi salah satu masalah yang kerap menjangkiti sepeda motor matic. Dari sepeda motor matic 110cc hingga sepeda motor matic dengan 250cc. Anda juga kemungkinan pernah mengalami suara gredek di CVT Anda.

Saat ini motor matic memang menjadi pilihan masyarakat ketimbang motor manual. Motor matic lebih mudah dioperasikan saat berkendara karena tinggal memutar gas tanpa perlu memainkan persneling dan kopling. Namun, karena komposisi mesinnya menggunakan sistem tertutup, otomatis perawatan mesin matic juga akan lebih mahal dibandingkan mesin motor manual.

Salah satu masalah yang sering timbul dari motor matic adalah pada penggerak yang menggunakan CVT. Hal ini berbeda dengan motor manual yang memanfaatkan rantai sebagai penggeraknya.

Beberapa penyebab dan solusi mengatasi bunyi gredek pada motor CVT matic yang sudah kita bahas umumnya disebabkan oleh tumpukan debu yang terlalu banyak menempel di CVT. Kotoran yang menumpuk di mangkuk kanvas ganda menyebabkan kanvas ganda selip. Memutar mangkuk kanvas ganda kanvas ganda yang digeser terutama ketika posisinya hampir menempel akan menyebabkan motor otomatis mengeluarkan bunyi gredek ketika jalan pertama.

Ada beberapa solusi untuk mengurangi gredek pada motor matic CVT. Cara termudah untuk mengurangi gemuk pada motor matic CVT adalah dengan menjaga kebersihan rangka double canvas dan double canvas dari debu berupa debu. Selain debu, double canvas bisa selip karena terkena grease atau gemuk dari CVT. Modifikasi rumahan atau mangkok double disinyalir juga bisa mengurangi gejala gredek motor CVT matic. Permukaan mangkuk kanvas ganda kalau bisa dikartel kasar agar mencegah kanvas ganda selip yaitu membuat lubang pada tapak mangkok atau rumahan kanvas ganda yang bersinggungan dengan kanvas ganda. Beberapa bengkel khusus juga merekomendasikan mengganti kanvas ganda dan kartel mangkuk kanvas ganda.

VIRAL:  Bengkel AC Mobil Terbaik Di Kota Semarang

Itulah tips dan cara mengatasi bunyi gredek pada CVT motor matic terutama pada saat jalan pertama kali atau angkatan pertama. Lakukan juga perawatan rutin terhadap motor matic Anda agar seluruh komponen terawat. Satu komponen yang bermasalah dapat menyebabkan kerusakan pada komponen lain.

Artikel Terkait