Ciri-Ciri Burung Love Bird Betina

admin

Apa ciri-ciri burung lovebird betina? Pertanyaan tersebut pasti sering muncul bagi paca pecinta burung terlebih yang belum memahami dengan baik burung lovebird. Hal ini bisa saja terjadi pada mereka yang belum pernah memelihara burung lovebird atau kicau mania pemula yang baru mulai mencintai burung kicau termasuk salah satunya burung lovebird.

Burung lovebird atau burung cinta sampai saat ini masih sangat diminati oleh kalangan kicau mania, terbukti disetiap lomba (latber/ latpres) sesi burung lovebird selalu full gantangan. Tidak seperti jenis burung lain yang terkadang hanya setengah gantangan saja. Selain itu bisa kita lihat diteras rumah kicau mania kebanyak tergantung burung lovebird menemani burung kicau lainnya.

Meskipun peminat dan harga jual burung lovebird sudah tak seramai beberapa tahun yang lalu, tapi tetap saja tidak bisa dipungkiri, burung paruh bengkok dengan motif warna-warni ini masih cukup menjanjikan untuk dijadikan sebagai lahan penghasilan, baik itu dengan penangkaran (menjadi peternak burung lovebird), penjualan (menjadi agen penjual burung lovebird), ataupun gantangan (pencetak dan peserta kontes burung lovebird).

Tapi sebelum anda terjun kedunia burung lovebird tentu anda harus mengetahui terlebih dahulu seluk beluk burung paruh bengkok ini, misalnya seperti cara memelihara burung lovebird, cara memilih burung lovebird yang baik, ciri-ciri burung lovebird betina dan jantan, pakan untuk burung lovebird, dan lain sebagainya.

Nah seperti judul yang sudah tertera diatas, disini saya khusus hanya akan membahas ciri-ciri burung lovebird betina yang biasa banyak dicari oleh para kicau mania, karena memang burung lovebird betina memiliki kualitas yang lebih, baik dari segi kicauan (kekekan) ataupun dari segi body (fisik) yang biasanya terkesan lebih besar.

VIRAL:  Cara Memilih Bakalan Burung Murai Batu Yang Berkualitas

Ciri-ciri burung loverbird betina

Untuk membedakan burung lovebird jantan dan betina memang agak sulit, karena tidak tampak secara jelas melalui tampilan dan warna bulu saja seperi burung cucak ijo yang perbedaan jantan dan betinanya sangat jelas tampak dari topeng pada dagu yang berwarna hitamnya. Untuk membedakan burung lovebird jantan dan betina diperlukan pengamatan pada perilakunya, menurut para lovebird mania, cara membedakan burung lovebird jantan dan betina adalah dengan mengamati bagaimana cara burung tersebut bertengger, cara membuat sarang, dan tingkah polah burung kesehariannya. Untuk lebih jelasnya silahkan simak ulasan berikut ini:

  • Burung lovebird betina ketika bertengger jarak kedua kakinya lebih melebar.
  • Burung lovebird betina tampak sangat aktif dalam membangun sarang, baik ketika mencari bahan maupun dalam proses pembangunan sarang.
  • Body burung lovebird betina lebih tegas dan lebih berbobot
  • Warna bulu-bulunya cenderung tampak lebih kusam
  • Ujung bulu ekor terlihat lebih merata, sedangkan untuk lovebird jantan bulu ekornya terlihat lebih lancip/ runcing
  • Ketika masa proses berkembang, pubis (supit urang) burung lovebird betina terasa lebih lembek dan jaraknya lebih renggang ketika diraba.
  • Dengan menggunakan alat yang bernama Larascopy atau dengan Tes DNA, tapi cara ini sangat jarang sekali dilakukan, kecuali pada perusahaan besar yang memiliki dokter hewan khusus.
  • Dan masih banyak lagi sesuai pengalaman dan pengetahuan masing-masing lovebird mania.

Dari keenam ciri burung lovebird betina diatas, tentu sekarang anda bisa mengetahui mana saja burung lovebird dirumah anda yang betina dan jantan, sehingga anda bisa memilahnya dan membedakan harganya ketika hendak dijual, karena harga burung lovebird betina biasanya lebih mahal ketimbang burung lovebird jantan.

Demikian informasi mengenai ciri-ciri burung love bird betina yang harus Anda ketahui. Terima kasih

VIRAL:  Cara Pemasteran Pleci Yang Benar Cepat Ngisi

Artikel Terkait